BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE BERITA "PENA SUMBAR"

KAI Divre II Sumbar Layani Hampir 1,5 Juta Penumpang Triwulan III 2025, Tumbuh 11% Dibanding Tahun Lalu


Padang
, 7 Oktober 2025 | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) mencatat pertumbuhan signifikan dalam pelayanan penumpang sepanjang Triwulan III 2025. Dari Januari hingga September 2025, jumlah penumpang yang menggunakan layanan KAI Divre II Sumbar mencapai 1.493.402 orang, meningkat 11,3 persen dibanding periode sama tahun 2024 sebanyak 1.341.526 penumpang.

Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab, menjelaskan, peningkatan volume penumpang ini didorong oleh penambahan frekuensi perjalanan, peningkatan kapasitas tempat duduk, dan tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan.

“Pertumbuhan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api terus meningkat. Kereta api kini menjadi solusi transportasi publik yang efisien, nyaman, dan ramah lingkungan,” ujar Reza.

Stasiun dengan Volume Penumpang Tertinggi

Keberangkatan:

Stasiun Padang – 392.848 penumpang

Stasiun Pariaman – 303.899 penumpang

Stasiun Air Tawar – 139.036 penumpang

Stasiun Naras – 88.553 penumpang

Stasiun BIM – 83.705 penumpang

Kedatangan:

Stasiun Padang – 411.260 penumpang

Stasiun Pariaman – 316.580 penumpang

Stasiun Air Tawar – 121.028 penumpang

Stasiun Naras – 98.952 penumpang

Stasiun BIM – 80.859 penumpang

Ketepatan Waktu (On Time Performance/OTP) Meningkat

KAI Divre II Sumbar juga mencatat ketepatan waktu yang membanggakan. Tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta penumpang Triwulan III 2025 mencapai 99,58%, naik dari 99,34% pada periode sama tahun lalu. Sedangkan ketepatan waktu keberangkatan berada di angka 99,27%.

“Ketepatan waktu menjadi keunggulan utama transportasi kereta api, yang bebas hambatan lalu lintas, didukung perawatan sarana dan prasarana secara menyeluruh,” jelas Reza.

Tips Perjalanan bagi Calon Penumpang

KAI Divre II Sumbar mengimbau calon penumpang untuk merencanakan perjalanan dan membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI sejak H-7 keberangkatan. Selain itu, tiket juga tersedia di loket go-show di stasiun, dibuka 3 jam sebelum keberangkatan selama tiket masih tersedia.

“Kami berkomitmen meningkatkan layanan di seluruh aspek, baik di stasiun maupun di atas kereta. Keselamatan, kenyamanan, dan ketepatan waktu akan selalu menjadi prioritas demi transportasi massal yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Reza.


Salam hormat,

Reza Shahab

Kepala Humas KAI Divre II Sumbar

Posting Komentar

0 Komentar